Minggu, 05 November 2017

Asal-Usul Tari Kipas dan Makna Gerakannya

Tari Kipas Adalah, Tari Kipas Berpasangan, Tari Kipas Berasal, Tari Kipas dan Penjelasannya, Tari Kipas dan Gambarnya, Fungsi Tari Kipas, Filosofi Tari Kipas, Tari Kipas Sulawesi, Tari Kipas Indonesia, Tari Kipas Memiliki Arti
meta data gambar

Budaya merupakan salah satu warisan sederhana dari nenek moyang yang wajib kita lestarikan. Banyaknya budaya yang ada di Negara kita tidak membuat masyarakat menjadi saling bermusuhan melainkan membuat masyarakat memiliki sikap toleransi yang tinggi akan banyaknya perbedaan. Salah satu budaya yang dilestarikan dan di hargai oleh semua golongan yakni, budaya menari. Dimana seni tari setiap daerah memiliki gerakan yang unik sendiri-sendiri.


Salah satunya seni tari yang berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya dari wilayah Gowa. Menurut mitos dari masyarakat daerah Gowa tari kipas ada sejak dari kisah penghuni kahyangan yang sempat mengajarkan ilmu dan pengetahuan tentang cara hidup menjadi sejahtera. Seperti dengan cara bertani, beternak dan berburu. Gerakan yang di ajarkan kemudian di gunkan untuk mengucap rasa syukur oleh para penduduk kepada para kahyangan.

Gerakan yang di lakukan mencerminkan karakter para wanita Gowa yang ramah, sopan, patuh, lembut dan patuh pada laki-laki khususnya suaminya. Bisa di katakana santai untuk gerakan tari kipas namun walaupun terlihat santai seorang penari yang akan melakukan harus dalam kondisi prima. Hal ini di karenakan saat melakukan tarian kipas harus dalam durasi kurang lebih 2 jam.

Gerakan yang di mainkan saat melakukan tari kipas pastinya memilki nilai-nilai filosofi. Jika kita amati tari kipas diawali dan di akhiri dengan posisi duduk yang mana gerakan ini merupakan symbol penghormatan dan kesantunan para enari pada para penonton. Selain itu juga ada gerakan memutar yang searah dengan jarum jam gerakan ini menyimbolkan siklus kehidupan manusia tidak stabil naik dan turun. Dalam gerakan tari ini juga mengandung kesopanan dimana saat melakukan tari kipas seorang penari dilarang mengangkat kaki terlalu tinggi dan membuka mata terlalu lebar.

Pastinya saat melakukan gerakan tari tidak afdol rasanya jika tidak di iringi dengan musik-musik tradisional dan pastinya khas daerah asalnya. Karena tari kipas berasal dari Sulawesi Selatan pastinya iringan musik tarinya juga berasal dari daerah yang sama. Saat melakukan gerakan tari kipas pengiringnya menggunakan alat music tradisional asal Sulawesi Selatan yakni Gondrong Rinci.

Saat melakukan tari kipas pastinya ada property khusus yag digunakan sesuai dengan nama tariannya yaitu kipas pakarena. Kipas pakerana ini merupakan kipas yang berukuran besar dan masng-masing penarinya memgang 2 buah kipas untuk di mainkan pada kedua tangan. Warna yang di pillih untuk kipasnya umumnya juga warna-warna yang cerah seperti kuning, hijau, dan putih.

Nah cukup demikian ulasan mengenai tari kipas asal Sulawesi Selatan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Yuk Berbudaya Indonesia kids jaman now.Jika ada kesalahan dalam artikel ini penulis mohon maaaf , Terimakasih Saalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...