Minggu, 05 November 2017

Tari Daerah Papua (Sajojo)

Tari Sajojo Adalah, Kostum Tari Sajojo Budaya Indonesia, Busana Tari Sajojo Budaya Indonesia, Belajar Tari Sajojo Budaya Indonesia, Cerita Tari Sajojo Budaya Indonesia, Tari Sajojo Dance Budaya Indonesia, Gambar Tari SajojoBudaya Indonesia, Tari Sajojo Hiasan Kepala Budaya Indonesia, Tari Sajojo Irian Jaya Budaya Indonesia, Tari Sajojo Modern Budaya Indonesia

meta data gambar


Tarian sajojo adalah
Satu tarian tradisional yang berasal dari daerah papua, tarian ini juga termasuk dalam tarian pergaulan. Tarian ini merupakan tarian yang sangat terkenal dan sering di tampilkan untuk acara acara adat, budaya maupun sekedar hiburan.



Sejarah Tarian Sajojo
Asal usul dari tarian ini belum di ketahui kepastiannya, tetepai beberapa sumber banyak yang mengatakan bahwa tarian tersebut sudah lahir mulai tahun 1990-an. Kemudian tarian berkembang pesat di adat dan budaya Indonesia kususnya masyarakat daerah papua. Asal mula nama tarian inipun di ambil dari judul lagu yag juga di jadikan iringan music saat tarian ini di lakukan yaitu “sajojo”. Lagu ini pun merupakan lagu daerah asal papua yang mengisahkan seorang perempuan yang paling di idolakan dan paling cantik di daerahnya. Meskipun tarian ini tidak terlalu banyak, rumit dan tidak terlalu menggambarkan lirik dari lagu tersebut, tetapi irama yang ceria membuat tarian ini sangat cocok di padukan dengan lagu sajojo.

Kostum Tarian Sajojo
Kostum dari tarian inipun sangatlah sederhana dan sangat mudah untuk dibuat sendiri, kostum tarian inipun hampir sama dengan kostum tarian tarian tradisional di daerah papua lainnya. Biasanya kostum dari tarian ini terbuat dari akar kering atau dedaunan kering, tetapi dengan berkembangnya zaman sekarang sudah banyak yang mengembangkan kostum tarian tersebut dengan kain supaya terihat lebih bagus dan menarik. Tidak hanya itu, sang penari pun di lengkapi dengan tata rias wajah yang mempercantik si penari, ada juga yang di ramaikan dengan berbagai aksesoris khas daerah papua contohnya seperti kalung tualang, lukisan badan dan penutup kepala.YUK BERBUDAYA INDONESIA kids jaman now.
Perkembangan Tarian Sajojo
Tarian ini sampai sekarang masih sangat di lestariakan dan di kembangkan di daerah papua. Tidak hanya dari segi kostum tetapi juaga kreasi yang sering di tambahkan dalam segi gerak maupun kostum, hal ini di buat agar lebih menarik tetapi tidak meninggalkan unsur tradisional dari tarian daerah tersebut. Tarian ini juga masih sering di tampilkan pada acara acara besar, tetapi lebih kepada hiburannya seperti acara adat, pernikahan, pertunjukan seni, festival budaya, dan promosi tempat wisata yang ada di daerah papua kususnya.Cara ini dilakukan sebagai salah satu usaha untuk melestarikan dan memperkenalkan pada generasi milenia dan masyarakat luas untuk tarian sajojo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...