Minggu, 05 November 2017

Tari Saman dan Sejarahnya

Tari Saman Adalah, Tari Saman Aceh, Tari Saman Kostum, Tari Saman Fungsinya, Tari Saman Gerakan, Tari Saman History, Tari Saman Nusantara, Tari Saman Perempuan, Tari Saman Penjelasannya, Tari Saman Tradisional


meta data gambar



Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang di Asia Tenggara, sering kali orang-orang menyebut Negara kita sebagai Negara maritim. Julukan itu pastinya karena Indonesia terkenal dari banyaknya pulau-pulau yang memisahkan wilayah-wilayah daratan yang ada. Namun hal itu tifdak menjadikan masalah bagi semua masyarakat Indonesia karena mereka memiliki tali persaudaraan yang kuat. Perpecahan wilayah ini menjadikan banyaknya perbedaan salah satunya budaya di bidang seni tari.



Salah satu tari yang ada di Indonesia adalah tari saman, tari ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dimana tari ini sering kali di tampilkan di berbagai acara atau efent-efent, tidak sedikit para pemuda-pemudi Indonesia yang menyukai dan menampilkan tarian ini dengan penuh percaya diri.
Tari saman, merupakan tarian tradisional yang berasal dari suku Gayo tepatnya berada di provinsi Nangro Aceh Darusalam. Pada abad ke-16M, Syekh Saman atau ulama yang berasal dari suku Gayo di Aceh Tenggara mengembangkan tarian ini. Tarian ini di kenal sebagai salah satu tarian yang digunkan sebagai media dakwah islam modern.
Tari saman di bawakan minimal oleh 5 penari, dalam gerakannya tari saman memiliki keunikan yakni saat melakukan gerakan tari harus di lakukan serentak dan harmonis mengikuti irama music. Gerakan demi gerakan yang teratur itu seolah digerakan satu tubuh, terus menari dan kompak mengikuti dendang lagu yang dinamis.

Kostum yang di kenakan untuk penari saman terbagi dari tiga bagian yaitu ; pada kepala, pada dada dan pada tangan. Kostum yang berada di kepala di sebut juga dengan bulu teleng/ tengkuluk dasar kain hitam persegi. Dua segi disulam dengan benang seperti layaknya baju. Kostum yang di kenakan di badan ini di sebut juga dengan baju pokok (baju dasar warna hitam disulam benang putih, hijau dan merah, bahagian pinggang disulam dengan kedawek dan kekait, baju bertangan pendek). Kostum yang terankhir pada tangan penari atau di sebut juga dengan topeng gelang. Dalam penggunaan warna menurut tradisi mengandung nilai-nilai tertentu . warna yang di gunakan juga mencerminkan kekompakan, kebijaksanaan, keperkasaan, dan keharmonisan.  

Ayu generasi muda guide pribadi kalian sekarang dengan quote "Yuk Berbudaya Indonesia".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...