Senin, 06 November 2017

TARI PENDET DARI DAERAH BALI

Tari Pendet Adalah, Tari Pendet Asli Bali, Tari Pendet Artikel, Tari Pendet Beserta Penjelasannya, Cerita Tari Pendet, Tari Pendet Pengertian, Tari Pendet Tunggal, Tari Pendet Tutorial, Tari Tradisional Pendet, Tari Pendet Gerakannya.

meta data gambar


Tari Pendet merupakan salah satu tarian penyambutan atau selamat datang bagi tamu yang khas dari Bali. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang sangat terkenal di bali dan juga sering dipertunjuk kan di acara-acara seperti ucapan selamat datang bagi tamu istimewa dan juga acara budaya lainnya. Tarian ini biasanya di lakukan oleh beberapa wanita dengan membawa seperti sesaji yang berisi berbagai macam bunga khas bali.
"read more"

Awal Mula Tari Pendet
Tarian ini berawal dari sebuah tarian tradisional yang menjadi bagian dari upacara adat di Pura atau tempat suci pribadi. Sebagai ucapan rasa syukur dan hormat masyarakat Bali dalam menyambut kelahiran  para dewata yang turun dari langit. Tarian ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan spiritual masyarakat di bali.
Berawal dari sinilah, seniman Bali bernama I Wayan Rindi  tercetuskan ide dan mengubah tarian pendet ini  menjadi tarian sambutan. Dan dibantu Ni Ketut Reneng, kedua orang ini  menciptakan Tari Pendet sebagai tarian penyambutan dengan tiga orang penari. Setelah itu tarian ini berkembang dan disempurnakan  oleh I Wayang Baratha dengan menambah jumlah penari menjadi lima orang, seperti yang kita saksikan sekarang. Meskipun  sudah menjadi tarian penyambutan atau tarian selamat datang, Tarian  ini masih terdapat unsur-unsur mistis yang menjadi khas dari masyarakat Bali.

Fungsi Dari Tari Pendet
Tari Pendet ini memiliki 2 jenis fungsi, antara lain  Tari Pendet Sakral dan Tari Pendet Penyembutan. Untuk Tari Pendet sakral ditampilkan sebagai bagian dari ritual keagamaan masyarakat Bali.  Sedangkan Tari penyambutan ditunjukkan  sebagai suatu hiburan.  Dalam pertunjukan tari penyambutan ini lebih memngutamakan keindahan dari segi gerak, busana, dan kecantikan para penari. Meski  begitu, unsur budaya dari  masyarakat Bali tetap melekat pada tari pendet jenis penyambutan ini.

Gerakan Dari Tari Pendet
Gerakan Tari  ini merupakan gerakan tari yang sangat lengkap, karena gerakan tarian ini menggerakan semua bagian tubuh. Diawali dari gerak kaki, tangan, jari, badan, leher dan yang paling menonjol adalah mata dan ekspresi muka. Agar dapat menarikan tarian ini dibutuhkan keluwesan dalam menarikannya.

Pakaian Tari Pendet
Busana dan tata rias dari tarian ini menggunakan adat khas bali. Busananya sendiri yaitu ada tapih, kemben prade, sabuk stagen, sabuk prade, selendang yangdi gunakan memutari badan dan di slempangkan di  pundak sang penari. Rambut panjang yang di ikat kemudian di beri hiasan menggunakan kembang khas bali, sang penari juga di percantik tangan dan kakinya menggunakan perhiasan khas dari tarian pendet ini sendiri.

Perkembangan Dari Tari Pendet
Meskipun Bali adalah  salah satu destinasi wisata yang sangat banyak  di singgahi wisatawannya, tetapi masyarakat Bali masih sangat mempertahankan tradisi dan budayanya sampai saat ini. Terbukti dari banyaknya seni maupun adat yang masih dilestarikan dan dijaga dengan sangat baik, sehingga hal tersebut merupakan  salah satu dari daya tarik para wisatawan local maupun mancanegara.

Yuk Berbudaya Indonesia kids jaman now.Sekarang waktunya kita berkontribusi pada negara kita tercinta Indonesia inilah salah satunya.Salam Budaya . Merdeka Merdeka Merdeka.

1 komentar:

  1. Video Games » Videoslots.cc - The Video - CURIOUS VICTORY
    Free VICTORY SLOTS.com Videoslots.cc (1.1M). Discover the best free slots and youtube mp3 casino games online at VideoSlots.com.

    BalasHapus

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...