Senin, 20 November 2017

Sopan Santun



Lunturnya Buadaya Bangsa, Lunturnya Budaya Sopan Santun, Artikel Tentang Lunturnya Budaya Bangsa, Budaya Indonesia Sopan Santun, Contoh Budaya Sopan Santun, Budaya Sopan Santun Di Indonesia, Budaya Soapan Santun Masyarakat, Budaya Sopan Santun Semakin Di Lupakan, Factor Hilangnya Budaya Sopan Santun, Sopan Santun Budaya Kita 

Negara Kita sangatlah di kenal dengan masyarakatnya yang ramah oleh orang-orang asing. Pastinya hal ini  juga tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, selain ramah masyarakat pribumi pertiwi juga terkenal dengan tatakra sopan santunya. Hal ini memang sudah menjadikan salah satu ciri khas yang dimiliki masyarakat Indonesia hingga di bawa secara turun-temurun. Karakteristik ini yang dapat menjunjung tinggi nilai budaya dan karakteristik Negara kita.

Masyarakat Indonesia memiliki nilai kesopanan yang tinggi, contoh sederha yang dapat kita lihat sehari-hari yakni saat berbicara. Saat melakukan interaksi orang Indonesia juga memiliki tatakrama sendiri tidak semua sama mereka memiliah dengan tujuan menghormati. Mereka yang mudah lebih berbicara sopan dan halus pada orang-orang yang lebih tua di bandingkan dirinya yang masih mudah. Tetapi bukan berarti di sini orang yang masih mudah dengan orang seumuran dengannya tidak memiliki perkataan yang sopan dan memiliki tatakrama, mereka juga menghargai lawan pembicara mereka dengan cara bertingkah dan sudut pandang untuk menatap lawan interaksi.

meta data

Selain berbicara, cara makan. Orang Indonesia cara makan juga memiliki tatakrama hal ini pastinya di lakukan dengan tujuan menghargai rejeki yang kita makan selain itu juga agar tidak terlihat buruk di mata orang lain. Cara makan yang di lakukan seorang perempuan dengan laki-laki beda dimana seorang perempuan yang akan menyantap makanan harus duduk yang yang baik seperti melipat kedua kaki saat di bawah atau menggantungkan kedua kaki saat mereka di atas kursi. Sedangkan untu kaum pria mereka dapat bebas mengatur posisi duduknya saat akan menyantap makanan.
Selain cara duduk, penggunaan tangan saat makan juga mengandung tatakarama bagi orang-orang Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki nilai kesopanan lain dengan cara makan sebaiknya dengan menggunakan tangan kan saat mengambil dan menyuapkan makanan pada mulutnya. Namun, hal bukan berarti semua orang Indonesia harus melakukan, kembali lagi pada orangorang Indonesia memiliki nilai toleransi tinggi jadi bagi orang-orang yang memiliki kelainan tidak dapat makan menggunakan tangan kanan mereka tidak akan mempermasalahkan.
Budaya yang dijalankan mengenai makan selain cara duduk yang di haruskan, juga makanan yang di santap sebaiknya harus habis atau tidak disisakan hal ini memberikan arti bahwa merka mensyukuri dan menghargai rejeki yang teah di berikan oleh tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Yang Diunggulkan

Batik Kesenian Khas Indonesia

Edn Culture Batik, Edn Culture Khas Indonesia, Edn Culture Batik Malang, Edn Culture Pasuruan, Budaya Indonesia Edn Culture, Budaya Indonesi...